Memeriksa sistem AC

1. PROSEDUR STANDAR MENYIAPKAN MANOMETER
• Ambil manometer dari tempatnya
• Amati selang dari kesalahan pemasangan, slang tekanan tinggi ( berwarna merah ) sejajar dengan menometer tekanan tinggi,( berwarna merah ), Slang tekanan rendah ( berwarna biru )sejajar dengan manometer tekanan rendah ( berwarna biru ).dan selang penyalur ( berwarna kuning )berada diantara keduanya.
• Periksa semua kran dari kemungkinan kebocoran.
• Kencangkan semua mur pengunci antara slang dengan manometer

2. CARA MEMVACUM SYSTEM AC

• Utamakan keselamatan kerja, denga cara memakai sarung tangan, memakai kacamata kerja,masker, baju kerja dan sefty shoes.
• Siapkan manometer sesuai dengan prosedur di no. 1
• Hubungkan slang tekanan tinggi ( berwarna merah ) ke katup pelayanan tekanan tinggi ( discharge )
• Hubungkan slang tekanan rendah ( berwarna biru ) ke saluran tekanan rendah ( suction )
• Hubungkan slang penyalur ( berwarna kuning ) ke pompa vacuum
• Pastikan semua mur pengunci menutup rapat saluran-saluran tersebut
• Buka kran saluran tekanan tinggi dan tekanan rendahsehingga gas Freon tidak lagi terdapat pada system AC.
• Setelah system menjadi vacuum lepaskan semua peralatan dari system dengan cara kebalikan dari memasang

3. CARA MENGISI FREON DARI DAERAH TEKANAN TINGGI ( SYSTEM OFF )

• Utamakan keselamatan kerja, denga cara memakai kacamata kerja, masker, baju kerja, sarung tangan, dan sefty shoes.
• Pastikan system dalam keadaan OFF
• Siapkan manometer sesuai dengan prosedur di no. 1
• Ukur tekanan isi Freon yang ada dalam system.
• Hubungkan slang tekanan tinggi ( berwarna merah ) pada katup pelayanan tinggi ( D )pada kompresor atau daerah tekanan tinggi.
• Hubingkan slang penyalur ( berwarna kuning ) pada tabung Freon yang berisi Freon cair, dan pastikan tabung Freon berada lebih tinggi dari system, gantungkan tabung Freon tersebut menggunakan neraca pegas.
• Buka kran saluran tekanan tinggi pada manometerdan kran pada tabung Freon disertai dengan mangamati besarnya Freon yang masuk denga cara mengamati neraca pegas.
• Setelah Freon yang masuk dirasa cukup, ( sesuai denga standar ) tutup kembali semua saluran/kran,
• Lepaskan semua peralatan dari system sesuai dengan prosedur ( kebalikan dari langkah memasang )


4. CARA MENGISI FREON DARI DAERAH TEKANAN RENDAH ( SYSTEM ON )

• Utamakan keselamatan kerja, denga cara memakai kacamata kerja, masker, baju kerja, sarung tangan, dan sefty shoes.
• Pastikan system dalam keadaan ON
• Ambil manometer dari tempatnya sesuai denga prosedur di no. 1
• Periksa tekanan Freon dalam system ( apabila hanya menambahkan )
• Hubungkan slang tekanan rendah ( berwarna biru ) pada katup pelayanan rendah ( S ) pada kompresor atau daerah tekanan rendah.
• Hubungkan slang penyalur ( berwarna kuning ), pada tabung Freon yang berisi Freon gas, tempatkan tabung tersebut di bawah system.
• Buka kran saluran tekanan rendah pada manometerdan kran pada tabung Freon disertai denga mengamati besarnya Freon gas yang masuk ( standar : 1,5 – 2 bar )
• Setelah dirasa cukup tutup kembali semua kran pada saluran tekanan rendah dan tabung Freon
• Lepaskan semua peralatan sesuai denga standar.

5. MENGECEK SYSTEM PADA SAAT OFF


• Utamakan keselamatan kerja, denga cara memakai kacamata kerja, masker, baju kerja, sarung tangan, dan sefty shoes.
• Ambil manometer dari tempatnya sesuai denga prosedur di no. 1
• Hubungkan slang tekanan tinggi ke katup pelayanan tekanan tinggi ( D ),Pastikan bahwa kran tertutup rapat.
• Hubungkan slang tekanan rendah ke katup pelayanan tekanan rendah (S ) dan pastika kran tertutp denga rapat.
• Sistem yang normal mengindikasikan di saluran tekanan tinggi maupun tekanan rendah adalah “ SAMA “, missal tekanan di salutran tekanan tinggi adalah 1 bar maka tekanan di saluran tekanan rendah adalah 1 bar.
• Lepaskan semua peralatan sesuai denga standar

6 . MENGECEK SYSTEM PADA SAAT ON


• Utamakan keselamatan kerja, denga cara memakai kacamata kerja, masker, baju kerja, sarung tangan, dan sefty shoes.
• Ambil manometer dari tempatnya sesuai denga prosedur di no. 1
• Hubungkan slang tekanan tinggi ke katup pelayanan tekanan tinggi ( D ),Pastikan bahwa kran tertutup rapat.
• Hubungkan slang tekanan rendah ke katup pelayanan tekanan rendah (S ) dan pastika kran tertutp denga rapat.
• Pada RPM mesin 1000, di saluran tekanan rendah tekanannya = 1.5 bar - 2 bar.
• Pada RPM mesin 1500 di saluran tekanan tinggi tekanannya = 14 bar -14,5 bar.
• Lepaskan semua peralatan sesuai denga standar

Contoh dari rangkaian AC pada kendaraan




Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Memeriksa sistem AC ini dipublish oleh Unknown pada hari Jumat, 19 Maret 2010. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Memeriksa sistem AC
 

0 komentar:

Posting Komentar